Asyik, Alamat Website Bisa Pakai Karakter Non-Latin


Kini Internet lebih friendly dengan adanya proposal yang akan mempermudah penggunaan karakter non-English di alamat web. Proposal tersebut dinamakan Internationalized Domain Names (IDN) yang memudahkan penggunaan karakter non-Latin di seluruh alamat email. IDN akan memperbolehkan user untuk menulis dalam bentuk huruf China, Korea, atau Arab dengan menggunakan bahasa mereka untuk surfing web, dan dapat menggunakan bahasa di seluruh dunia untuk browsing Internet.

Sementara ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) yang bertanggung jawab untuk pengaturan nama domain di Internet, akan me-review proposal tersebut yang dipublikasikan sejak Jumat (23/10) lalu dalam event 36th International Public Meeting di Seoul. Diperkirakan, IDN akan mewujudkan isi proposal tersebut di tahun 2010.

Seperti yang diketahui IDN, dari 1.6 miliar pengguna Internet di seluruh dunia, lebih dari separuhnya menggunakan bahasa dengan karakter bukan Latin. Salah satu tindakan IDN adalah telah menggunakan teknologi penerjemah untuk convert satu set karakter ke bahasa lain untuk menuju ke alamat yang benar. “Kami akan menguji proposal tersebut dalam beberapa tahun.“ ungkap Peter Dengate Thrush, chairman ICANN.

0 Comments:

Post a Comment