Ini Dia, Bangunan Unik dari Balok Kaca


Stadskantoor, sebuah gedung perkantoran unik nan mewah telah dikonstruksi di ibukota Rotterdam, didesain oleh OMA, Werner Sobek, dan teknisi ABT. Gedung tersebut memiliki struktur modular, dengan bangunan berbentuk balok-balok yang dapat ditambah dan diubah sesuai kebutuhan, diperluas atau dikurangi untuk space kantor atau untuk hunian. Di level bagian atas, pengunjung dapat menikmati taman, yang dekat dengan apartment.

Strategi project tersebut sangat mudah, sebuah struktur modular fleksibel diletakkan di antara gedung yang ada, dan mengosongkan space di bawah untuk digunakan masyarakat umum. Dengan struktur modular, unit dapat ditambah atau diturunkan dari struktur ketika ada permintaan untuk mengubah gedung, dan dapat beradaptasi untuk penggunaan kantor atau wilayah hunian. Selain struktur tersebut, gedung Stadskantoor tersebut memiliki regulasi iklim dimana air hangat tersimpan ketika musim panas, dan kemudian dilepaska di musim dingin. Juga penggunaan teknologi tinggi penjernihan udara di gedung berkaca tersebut, membuatnya menjadi gedung super kokoh di Belanda.

“Desain kantor Stadskantoor ini merupakan bagian dari gedung, dan kondisi urban. Letak kantor tersebut berdekatan dengan kantor pos, aula besar, dan Stadstimmerhuis.“ ungkap OMA.

0 Comments:

Post a Comment