Botnet Ponsel 3G Berbasis Symbian Telah Ditemukan

Ahli keamanan telah menemukan apa yang mereka yakini sebagai botnet pertama untuk mobile device, yang mampu memberikan ancaman untuk mobile phone. Ahli peneliti anti-malware dari perusahaan Trend Micro mengungakapkan dalam posting blog, bahwa botnet akan menyerang ponsel berbasis Symbian, dengan label SYMBOS_YXES.B, yang dapat di-download dari situs mobile ‘jahat', yang tidak pernah diduga oleh user.

Sebuah file Symbian Information Source mampu mengumpulkan informasi ponsel, ID pelanggan dan jaringan ponsel dari device handphone yang terinfeksi, dan kemudian terkoneksi ke sebuah website untuk mengirimkan informasi tersebut. “Sebagai tambahan, malware SYMBOS_YXES.B tersebut juga dapat mengirimkan SMS spam ke contact user agar terkoneksi ke website ‘jahat’ tersebut. Pendek kata, SMS spam tersebut nantinya akan hadir sebagai botnet untuk mobile phone.” ungkap Jonathan Leopando, team teknis komunikasi Trend Micro.

Sementara Rik Ferguson, advisor senior keamanan di Trend Micro, memprediksikan bahwa di tahun 2009 ini akan mulai bermunculan botnet di ponsel yang memiliki akses 3G. “Botnet tersebut dapat mengumpulkan data dari mobile phone dan mengembalikannya karena botnet harus memiliki tempat untuk penyebarannya. Hal inilah yang menjadi penanda adanya malware mobile.” ungkap Ferguson.

Ferguson juga menyarankan bahwa semua corporate mobile device telah dilindungi dengan firewall untuk memblokir jalur komunikasi dengan situs ‘jahat’, bersama dengan proteksi dari SMS spam, enkripsi data dan filtering URL.

0 Comments:

Post a Comment