Dalam acara tahunan BlackBerry Developer Conference, RIM kembali membuat improvisasi untuk platform pengembangan aplikasi BlackBerry, termasuk 4 API untuk developer yang memudahkan developer guna mengintegrasikan iklan, layanan pembayaran, geolocation, dan mengirim notifikasi untuk developer third-party.

Tool "OpenGL ES" dan "Eclipse" akan membantu developer membuat aplikasi yang banyak dan cepat. OpenGL ES akan mempermudah pembuatan game 3D untuk BlackBerry, dengan kerja sama bersama Electronic Arts (EA) dalam pembuatan game Need For Speed-Shift untuk BlackBerry Storm. Game tersebut termasuk control sentuh baru, seperti aktivasi kecepatan atau sentuhan di layar untuk mengerem laju kecepatan.

Pengguna BlackBerry nantinya juga dapat men-download widget dan theme di BlackBerry App World, termasuk BlackBerry Theme Studio 5.0 yang memudahkan developer untk membuat ringtone dengan theme yang sama, seperti theme song Batman dengan wallpaper Batman. Di tahun 2010, seperti Apple, RIM juga berencana untuk memberikan layanan pembelian content premium, seperti aplikasi navigasi, music dan game, tidak hanya melalui PayPal, namun juga melalui tagigan bulanan pengguna smartphone BlackBerry.

Seperti yang diketahui, kebanyakan smartphone BlackBerry baru telah memiliki koneksi GPS. Ketika GPS tidak aktif, maka RIM dapat mengaktifkan layanan lokasi dengan menggunakan tower BTS ponsel terdekat. RIM juga mengumumkan aliansinya di tahun 2010 dengan Adobe untuk pembuatan Flash 10, termasuk tool Photoshop, Dreamweaver, dan Flex guna memudahkan pembuatan animasi dan grafis di BlackBerry.

0 Comments:

Post a Comment