Javascript

Javascript

Kode bahasa Java yang diselipkan diantara kode HTML untuk dijalankan pada komputer client.
Merupakan sosok pemrograman modern, yaitu bahasa pemrograman berorientasi script (object-oriented scripting language), yang berbasis kepada kosep prototype. Bahasa ini banyak dikenal di dalam lingkungan website. Bahasa ini diperkenalkan pertama kali oleh Brendan Eich dari perusahaan Netscape Corporation dengan nama awal Mocha kemudian berubah menjadi LiveScript namun diganti akhirnya menjadi JavaScript}.

Java merupakan sebuah bahasa pemrograman yang mulanya dikembangan oleh perusahaan Sun Microsystems. Menurut penjelasan dari Sun (The Java Language), bahasa Java digambarkan sebagai:

Java: A simple, object-oriented, distributed, interpreted, robust, secure, architecture neutral, portable, high-performance, multithreaded, dan dynamic language.

Bahasa Java merupakan bahasa yang interpreted, bukan compiled. Sebuah program dalam bahasa Java dirakit (compiled) menjadi sebuah berkas byte-code. Berkas byte-code inilah yang dijalankan (interpreted) oleh sebuah virtual machine, yang disebut Java Virtual Machine (JVM).

0 Comments:

Post a Comment