Baru, Bug SMS Nokia Telah Ditemukan


Perusahaan keamanan mobile phone, F-Secure, sungguh merasa gembira semalam, karena pihaknya telah menemukan bug dalam system operasi Symbian versi lama, yang dapat menyebabkan attacker mudah menyusup ke pengguna handphone yang menjadi targetnya dengan pesan text format khusus. Serangan tersebut dinamakan “Curse of Silence”, merupakan sebuah bug sejati yang dapat mencegah datangnya pesan SMS di ponsel pengguna, berupa pesan text khusus.

Menurut F-Secure, ponsel yang berjalan di interface Nokia S60, versi 2.6 ke 3.1 juga dapat diserang oleh bug tersebut, dan model-model lainnya yang membutuhkan reset keras untuk recover. Bug tersebut datang dengan SMS yang diintegrasikan dengan layanan email Internet. Pesan singkat merupakan jalan ideal untuk mengirim email, namun juga ada kombinasi spam yang masuk ke dalamnya.

Bug tersebut akan membuat pesan singkat dari tipe Symbian S60 versi 2.6 mengalami perpecahan di bagian “sender” dan “message body”, dan akan segera memblokir pesan jika pengirim mengirimkan pesan lebih dari 32 karakter. F-Secure telah mencoba melakukan sesuatu untuk melawan bug tersebut. Perusahaan keamanan tersebut akan memproteksi pengguna mobile phone. Namun, beberapa handset seperti N85, N96, 6650 telah menggunakan fitur S60 Pack 2 dan masih bebas dari bug system Symbian tersebut.

0 Comments:

Post a Comment