Ovi Store, Toko Online Nokia

Akhirnya Nokia muwujudkan rencananya untuk meluncurkan OVI Store, sebuah toko online berbasis software aplikasi pada device yang menyediakan berbagai macam aplikasi pelengkap handset, seperti games, videos, widgets, podcasts, dan location-based applications. Konsep dari Ovi Store sendiri sebenarnya sama halnya dengan iTunes App Store.

Ovi Store juga mempunyai feature rekomendasi personalisasi user dan fungsi social networking. Untuk sementara ini, Ovi Store telah dibuat compatible dengan handset yang memakai Symbian S60 and Symbian S40. Secara resmi, Nokia berencana akan membundling Ovi Store ini dalam handphone terbarunya, Nokia N97 yang akan diluncurkan pada bulan Juni mendatang. Namun, walaupun secara resmi Ovi Store baru akan dibundling dalam Nokia N97, namun pihak Nokia tetap akan menyediakan aplikasi Ovi Store ini bagi para pemakai handset yang ber-OS Symbian S60 dan Symbian S40 saat ini.

Menurut Tero Ojanperä, Executive Vice President, Nokia Services, dengan kekuatan Nokia sebagai salah satu vendor terbesar dan dukungan asset dari para mitra kerjanya, Nokia telah membuat sebuah 'smart store' melalui Ovi Store, yang akan mengubah cara konsumen untuk mencari dan mengkonsumsi content untuk perangkat mobile mereka, terutama dalam hal kemudahan, kecocokan dan relevansi content.

Dari sisi developer, Nokia menyatakan bahwa Ovi Store telah dibuat semaksimal mungkin untuk dapat terbuka bagi pengembangan dari para pihak developer. Nokia sendiri menawarkan kepada developer yang bergabung, 70% dari hasil penjualan, belum termasuk pajak dan biaya pembayaran operator.

0 Comments:

Post a Comment