Internet, Bisnis Media Masa Depan

Internet sebagai salah satu media komunikasi informasi nampaknya akan semakin pesat perkembangannya di masa depan. Hal ini tak lain disebabkan oleh mulai maraknya geliat pertumbuhan bisnis media pemberitaan melalui Internet saat ini. Baik di Indonesia maupun di dunia pada umumnya, ketergantungan masyarakat terhadap kecepatan informasi yang selalu up to date, telah mendorong percepatan tumbuhnya bisnis media online. Jika kecepatan berita koran pernah digeser oleh radio, kemudian popularitas radio tergantikan oleh televisi, maka bukan hal yang mustahil lagi jika suatu saat ketenaran media pertelevisian juga akan tergeser oleh media pemberitaan online lewat Internet. Belum lagi dari sisi teknologi Internet kini pun semakin mendukung pertukaran data dan informasi multimedia yang lebih murah.

Sesuai dengan pendapat Robert R Dominick yang menyatakan bahwa media massa adalah media yang digunakan dalam proses komunikasi massa. Maka syarat utama komunikasi data/informasi melalui media pemberitaan online seperti kompas.com dan detik.com otomatis terpenuhi. Karena dengan media pemberitaan berbasis Internet, segala macam pemberitaan dapat disampaikan dengan sangat cepat kepada masyarakat luas (massa). Inilah mengapa masyarakat kini cenderung lebih memilih Internet sebagai media pemberitaan yang efesien.

Grafik pertumbuhan media Internet pun nampaknya menunjukkan hasil yang serupa, yang berkebalikan dengan koran atau media cetak yang terus saja mengalami penurunan perlahan. Sekitar 40% masyarakat kini mulai beralih ke Internet sebagai media penyedia informasi, angka ini hampir merupakan dua kali lipat dari angka tahun sebelumnya yang hanya 24%. Sedangkan untuk media massa lain seperti radio dan televisi nampaknya masih bisa bernafas lega, karena teknologi penunjang bisnis media melalui Internet memungkinkan konvergensi kedua jenis media ini melalui Internet. Perkembangan teknologi multimedia yang pesat pun turut mempengaruhi prospek cerah Internet sebagai media komunikasi informasi yang cepat.

Mendengarkan radio atau menonton TV masih bisa dilakukan melalui Internet. Masyarakat pun telah banyak menikmati konvergensi layanan pemberitaan ini dari berbagai macam gadget yang terus berkembang saat ini, seperti handphone, PDA, notebook, dan sebagainya. Sedangkan perusahaan-perusahaan media cetak mungkin harus mulai mengembangkan lini baru bisnis beritanya melalui Internet sejak sekarang. Karena walaupun mungkin saat ini bisnis media cetak masih dapat diandalkan, namun bukan tidak mungkin jika kelak bisnis media pemberitaan melalui Internet-lah yang akan menjadi raja.

0 Comments:

Post a Comment