Mengenal GPS


GPS (Global Positioning System) kini telah banyak dikenal masyarakat sebagai salah satu panduan lokasi terakurat untuk saat ini. Tak heran jika kini banyak vendor handphone yang berlomba-lomba memasangkan GPS pada seri terbarunya. Hal disebabkan oleh salah satu sifat GPS yang dinilai oleh banyak kalangan lebih akurat dan fleksibel terhadap perubahan yang terjadi.

Secara umum kini masyarakat banyak mengenal GPS melalui handphone yang dimiliki. Namun sebenarnya peralatan GPS sendiri telah dikembangkan secara khusus jauh sebelum teknologi GPS ditanamkan pada handphone. Pengembangan peralatan GPS sendiri awalnya lebih bersifat sebagai alat pembantu pemetaan yang dipergunakan untuk berbagai macam keperluan riset dan teknologi, baik itu di tambang, perkebunan, hutan, geofisika maupun pertahanan keamanan negara. Namun pada perkembangannya, ternyata utilitas dari teknologi GPS ini banyak diminati secara umum, sehingga pada akhirnya teknologi ini dipakai secara luas.

Secara garis besar, peralatan dari GPS sendiri dibedakan menjadi beberapa macam menurut kebutuhan pemakainya, yaitu GPS Tracking System, GPS Geodetik, GPS Pemetaan (GIS) serta GPS Bluetooth.

Diantara berbagai macam tipe GPS tersebut, yang banyak dikenal masyarakat adalah GPS Tracking System atau yang lebih dikenal dengan Vehicle Tracking (Fleet Management System). GPS jenis ini biasa dipasangkan pada kendaraan-kendaraan, terutama kendaraan untuk keperluan bisnis-niaga, guna memantau sejauh mana keberadaan kendaraan tersebut. Namun kini peralatan ini juga dapat dipasangkan pada mobil-mobil pribadi.

Sedangkan untuk GPS Geodetik, banyak dipergunakan untuk keperluan geologi, geodesi, geofisika, geomatika, maupun deformasi. Bahkan beberapa bidang seperti pertambangan, sangat bergantung pada alat ini untuk memetakan lokasi-lokasi penambangan dan titik-titik potensial penambangan. Alat ini juga sangat berperan dalam memetakan dan mengetahui pergeseran koordinat suatu lokasi, baik itu oleh tangan manusia, seperti pergeseran perbatasan, maupun pergeseran yang sebenarnya oleh bencana alam, gempa bumi.

Teknologi GPS ini terus dikembangkan, sehingga banyak peralatan baru lainnya yang terus bermunculan. Penggunaan GPS tidak selalu dengan mempergunakan handphone, karena saat ini telah banyak dijual peralatan ini secara bebas. Harga dan fasilitas yang ditawarkan pun semakin bermacam pula, mulai dari yang dilengkapi dengan kompas, automatic routing, sampai yang dijanjikan tahan air dan segala kondisi cuaca pun tersedia.(dna)

0 Comments:

Post a Comment