Laptop dengan speaker 5.1 channel


Kini tak lagi mustahil untuk sebuah laptop menggunakan speaker ber-channell lebih dari 2, channel 5.1 atau lebih sekarang dapat digunakan dalam laptop ber-sound card standard.

Perangkat tersebut berupa USB yang menyambungkan antara speaker 2.1 atau lebih ke komputer. Normalnya alat ini digunakan di laptop karena sound card yang terdapat di setiap laptop hanya mempunyai 2 channel saja yang sebatas menghasilkan suara stereo tetapi alat ini tetap saja bisa dioperasikan di semua komputer yang sesuai dengan requirement alat tersebut.

Pengoperasian alat ini hanya sesimpel menginstall driver dari alat tersebut dan sedikit setting dari software yang mendukung dari driver tersebut.

Hasilnya pun tidak jauh beda dengan komputer yang mempunyai sound card untuk 5.1 channel. Merk dan harga dari external USB sound card ini sangat bervariasi. Semakin bagus sound card tersebut maka akan mempengaruhi hasil suara yang akan keluar pula. Harga mulai dari 4AUD sampai 30AUD. Pembelian perangkat ini bisa dilakukan secara online di eBay/USB sound card maupun di situs resmi dari External USB sound card tersebut. Untuk sementara ini tidak terdapat spesifik merk External USB sound card yang ada.

Perangkat ini mendukung 32Khz, 44.1Khz, dan 48Khz sampling rate untuk perekaman dan pemutaran audio. Dengan alat ini hanya cukup memasukkan kabel speaker bagian kanan, kiri dan subwoofer (untuk speaker 5.1 channel) ke alat external USB sound card tersebut. Sehingga kelima atau lebih speaker tersebut akan aktif dengan sendirinya. Pengoperasian alat ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan sound card yang sudah built-in di laptop tersebut.

0 Comments:

Post a Comment